RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA/MA/SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/semester : XI / Gasal
Aspek : Membaca (Maos)
Standar Kompetensi : Memahami berbagai wacana non sastra dan
sastra dari berbagai media
Kompetensi Dasar : Membaca dan
memahami pesan moral dari wacana beraksara Jawa
Indikator :
1.
Siswa
dapat membaca cerita beraksara Jawa
2.
Siswa
dapat menjelaskan isi cerita beraksara Jawa tersebut
3.
Siswa
dapat mengidentifikasi tokoh yang ada dalam cerita tersebut
4.
Siswa
dapat mengetahui pesan moral yang terkandung dalam cerita beraksara Jawa
tersebut.
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat membaca cerita beraksara Jawa
2.
Siswa
dapat menjelaskan isi cerita beraksara Jawa tersebut
3.
Siswa
dapat mengidentifikasi tokoh yang ada dalam cerita tersebut
4.
Siswa
dapat mengetahui pesan moral yang terkandung dalam cerita beraksara Jawa
tersebut.
2.
Materi
Ä[fwasWnHsWinHiku[fw[npe[zobtTn¿kse[kT[nNbisze[nomM[k[w=ok=wisÒ|waumu/[r.ai=cºitaikibklFigmB/r[kpituluz[nNbqrasWnHsWinMr=tithai=al[mFov.aupmyuaikumuri[fFresia[yof[fom-.
Äswijini=finaupmyufiautusH=[aonSpilnPe[d[tT,a=[go[nNa=[aonFismBizemisZemis¿,[ao[lh[ao[lha[nbnJ|/fipzn¿tuminFkM=[ko[noaikufia=gepÓ|pu[tFni=guru[n.s=resizenFik[yn[Ho[lh[ao[lha[nzemisÑ|fufiatu/r[kguru[n.aupmyumnu[tnSbub/[rzemis¿[anÒ|[kKfiatu/r[kguru[nln¿[d[w[kKnJ|pukS[pr=znFipzn¿[d[w.crm=[ko[noaugfia=gepSlh[fni=resia[yof-[fom-.
Äam/gs/wslhaupmyu[l[rnH=[go[nNzemis¿,mnwzelih[d[w[kK[zo[mBsususpisi=fia_[zonMau,tuminFkM=[ko[noaugka=gepSla¿seb[bVo[l=otnPaifiplilh[asi=fu[w,s[rh[nwefi[ynSlhm[na¿[yn¿kºslu[waupmyumu=nFiltTiaumpÓ|kSususi=anai=l[mB[npe[dt¿swi[sSpe[dtMauvusumr=ae[mBo[kK,bbM=[ko[noaikuaugfislh[kmr=guru[nsebbKa=gepZ|r=zijth[ape[dt¿,
Äkgwb=zetSet[nmr=guru,aupmyu[aorwnimznHpap.am/g[aorkuwtZmPetZelia¿wisPir=pir=fin[aormzn¿,aupmyumz[nGo[d=oa/k[go[d=osi=anrcu[nN.snlikmºip[tTaupmyuffiwutmLku[nmumkM|mukWsnkcempL|=ai=luw=zn¿
,
ÄwyhsurupSpilnPe[d[tTbli[d[w.aupmyu[aork[ton¿s=resik[gt¿bnJ|/[zGo[lkKiai=als¿awitWisWezilnPet_s=resimu=bezkBe[zokZ|nF=aupmyu.ai=spi=gi/ri=luw=znS=resimir_smB[tTaupmyusi=[aorbismu=ga¿lnM[nh[aorweruhfln¿,resia[yof[fomzjkHupmyuse[mfi,vuwunMr=bqrsupyfipri=ziausf.bqrasWnHsWinºwua¿,
t}vuhmr=lel[ko[nNaupmyu,asT[nbqrasWnHsWinBnJ|/zuspM`ip[tTaupmyu,snlikmºip[tTpulia¿bisnFel_m[nh.
ÄbqrasWnHsWinBnJ|/pri=dwuhmr=resia[yof[fom,mnwmul=lnZ|tusHikukufusi=ceq,[aormu=biszL|putT[knzi=augkufubismBene/r[k,s[a=gsi=fiwul=[aornemucilk.mr=aupmyubqrasWnHsWinHugpri=dwuh,[ynM|rifHikufu[wakPit[konMr=guru[n,[ynF|ru=ze/tiapsi=fip}nTha[k.
(Kapethik
saking Citra basa 2006, bathara aswan aswin)
3.
Pendidikan Karakter yang diharapkan
1.
Mandiri : siswa mencoba berlatih membaca cerita beraksara Jawa.
2.
Bersifat kritis : siswa
menerapkan pengetahuannya tentang aksara Jawa ke dalam suatu
teks cerita.
3. Keberanian : siswa berani membaca cerita beraksara jawa tersebut di depan kelas.
4.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah : Guru menjelaskan kepada siswa tentang bagaimana teknik membaca
aksara Jawa yang benar.
2.
Tanya
jawab : Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai pemahaman
tentang isi dari
cerita beraksara Jawa tersebut.
3. Diskusi : Siswa berdiskusi dalam
mengidentifikasi tokohdan isi cerita tersebut
4. Praktik : Siswa mentransliterasikan kalimat beraksara Jawa
ke aksara Latin.
5.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
|
Pembukaan
|
-
Salam
-
Do’a
-
Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
-
Apersepsi
-
Motivasi
|
15 menit
|
2.
|
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai wacana non sastra dan sastra
-
Siswa melakukan Tanya jawab dengan guru mengenai wacana non
sastra dan sastra.
Elaborasi
-
Siswa dibagikan wacana berupa cerita beraksara Jawa
-
Siswa dipersilahkan untuk siapa saja yang mau membacanya di depan kelas.
-
Siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan terkait bacaan beraksara tersebut
-
Selesai membaca selanjutnya siswa mentransliterasikannya
kedalam aksara latin
Konfirmasi
1. Siswadan
guru melakukan koreksi terhadap soal
yang telah dikerjakan.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
|
1. Guru
memberi penghargaan dan pengakuan bagi siswa dalam menjawab soal
2. Guru
melakukan evaluasi pembelajaran
3.
Siswa bersama dengan guru
menyimpulkan pembelajaran
4.
Pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam.
|
15
menit
|
6.
Sumber belajar dan media pembelajaran
Sumber belajar : Buku Citra
Basa
Jatirahayu Warih. 2007. Citra Basa. Surakarta: Inti Prima Aksara.
Media Pembelajaran : majalah Panyebar Semangat, Jayabaya, Jaka Lodhang.
7.
Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
Indikator
|
Instrumen
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
Siswa dapat membaca cerita beraksara Jawa
2.
Siswa dapat mengidentifikasi tokoh yang ada dalam cerita tersebut
3.
Siswa dapat menjelaskan isi cerita beraksara Jawa tersebut
4.
Siswa dapat mengetahui pesan moral yang terkandung dalam cerita beraksara
Jawa tersebut.
|
1. Menapa irah-irahanipun pethikan wacan aksara
Jawa ing inggil menika?
2. Kasebatna paraga wonten ing wacan aksara
Jawa menika saha watakipun?
3.
Katerangna dudutan cariyos kasebat!
4. Menapa isi dhawuhipun Batara Aswan Aswin
marang Resi Ayodyadomya lan upamayu?
|
Ketepatan Jawaban, Kata kunci
di dalam cerita, ketepatan penjelasan.
|
20
20
30
30
|
Jumlah skor
|
100
|
8. Kunci Jawaban
1. Bathara
Aswan Aswin
2. Paraga
saha Watakipun:
-
Upamayu : Setya marang guru,
sabar, tlaten, jujur
-
Resi
Ayodyadomya : Tega marang murid,
kirang welas asih
-
Bathara
Aswan Aswin : Wicaksana
3. Wonten
murid saking resi Ayodyadoya ingkang nama upamayu. Upamayu kalebet murid
ingkang setya marang gurunipun. Menapa ingkang dipunaturi gurunipun mesthi
bakal dipunlaksanakaken dening Upamayu. Nganthi sawijining dina,upamayu boten
angsal maem menapa-menapa dhateng Resi Ayodyadomya. Wonten alas Upamayu luwe
sanget lajeng namung nemu woh arka, woh menika kalebet woh-wohan ingkang duweni
racun. amargi upamayu boten ngertos menawi woh-wohan menika duweni racun, karo
Upamayu dipangan wae banjur upamayu sanalika mripate dadi wuta. Bathara
Aswan-Aswin ingkang meruhi kedadeyan menika trenyuh sanget lajeng upamayu
dipunobati kanthi saged weruh malih.
4. Kangge
Resi Ayodyadomya : menawa mulang lan ngutus iku kudu sing cetha, ora mung bisa
ngluputake nanging uga kudu bisa mbenerake, saengga sing diwulang ora nemu
cilaka. Lan kangge Upamayu : yen murid iku duwe hak pitakon marang gurune, yen
durung ngerti apa sing diprentahke.
9. Rubrik keaktifan siswa
di dalam kelas
No.
|
NamaSiswa
|
Aspek
yang dinilai / skor maksimal
|
Jumlah skor
|
|||
Kedisiplinan
|
Kehadiran
di kelas
|
Keaktifan
di dalam kelas
|
Tepat waktu pengumpulan tugas
|
|||
20
|
20
|
30
|
30
|
100
|
10. Pedoman penilaian
Skor total = jumlah skor
+ jumlah skor keaktifan
= 100 + 100
= 200
Nilai = 200 = 100
2
|
Yogyakarta, 28 Oktober 2013
Mengetahui, Mahasiswa
Guru Mata Pelajaran
Mohamad
Wahyu Hidayat
................................. NIM 11205241011
0 pangalembana:
Posting Komentar